• Jam Buka Toko: 08.00 - 20.00 Wita
  • Status Order
  • Tlp: 082292280717
  • SMS/WA: 082292280717
  • cs@gudangunikmasamba.com
Terpopuler:

Cara Menyimpan Biji Kopi Dengan Benar

18 Mei 2022 - Kategori Blog

GUDANGUNIKMASAMBA.COM – Rasa, aroma dan kualitas yang baik dari kopi di hasilkan melalui pores awal dalam penanamannya. Apabila proses penanaman kopi sangat baik, maka biji kopi akan menghasilkan kualitas yang sangat baik pula. Namun, dalam penanaman biji kopi, pasti akan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh hama. Hama merupakan salah satu musuh terbesar dari para petani kopi. Bentuk dan karakteristik kutu kopi tentu berbeda-beda, baik itu dalam proses penanaman biji kopi maupun proses penyimpanan biji kopi.

Hama biji kopi atau serangga perusak tentu memiliki jenis yang berbeda-beda yang dapat merusak kualitas pada biji kopi. Hama biji kopi bisa menyerang pada proses pembibitan, penanaman sampai proses pemanenan biji kopi. Hama biji kopi terdiri dari 5 jenis yaitu hama bubuk buah, kutu putih, kutu hijau, kutu dompolan hingga hama cendawan akar.

Untuk mengatisipasi agar biji kopi terhindar dari serangan hama biji kopi, maka kita mesti menyimpan biji kopi dengan baik dan benar.

obat fumigasi hama gudang

Tips menyimpan biji kopi agar tehindar dari hama

Hama biji kopi bukan cuman menyerang pada proses penanaman saja, akan tetapi hama tersebut dapat menyerang biji kopi dalam proses penyimpanan yang kurang tepat. Perlu anda ingat bahwa biji kopi ini tidak disimpan di sembarangan tempat, jika menyimpan di tempat yang asal-asalan maka hama tersebut dapat menyerang biji kopi, sehingga biji kopi akan kehilangan mutu atau kualitasnya. Lantas, bagaimana tips untuk menyimpan biji kopi dengan benar?

Untuk menyimpan biji kopi dengan benar agar terhindar dari hama kopi, maka anda bisa mencoba tips berikut ini.

  • Cara pertama, jika anda ingin menyimpan biji kopi yang baru di panen ke dalam gudang penyimpanan, sebaiknya anda mesti melakukan penyemprotan hama terlebih dahulu sebelum digunakan. Anda juga perlu mengosongkan ruangan dalam gudang penyimpanan sekitar 2 hingga 3 hari untuk menghilangkan bau dari semprotan hama pada ruangan penyimpanan. Untuk melakukan penyemprotan, anda bisa menggunakan FUMILIKUID 2 GA dari PT. Panca Prima Wijaya yang sangat efektif dalam menuntaskan segala macam jenis hama pada biji kopi di dalam gudang penyimpanan.
  • Kedua, simpanlah biji kopi di suhu ruang tertentu. Karena biji kopi sangat membutuhkan tempat penyimpanan yang khusus untuk selalu menjaga kualitasnya. Untuk menyimpan biji kopi pilihlah suhu ruangan yang baik, biji kopi yang baru di panen bisa di simpan pada suhu sekitar 19 derajat celcius sampai 27 derajat celcius. Suhu ini dianggap dapat menjaga kualitas pada biji kopi agar lebih baik sampai proses sangrai. Anda juga harus menghindari ruangan yang memiliki kelembapan yang tinggi karena dapat berpotensi tumbuhnya hama cendawan atau bakteri dan jamur.
  • Ketiga, gunakan tempat penyimpanan yang tidak terkontaminasi. Biji kopi dapat disimpan ke dalam karung goni atau karung plastik yang bersih. Penyimpanan tersebut dianggap sangat bagus untuk bisa menjaga kualitas dari biji kopi. Akan tetapi, kamu wajib menggunakan karung baru yang bersih bukan yang bekas bahan makanan lainnya.
  • Cara keempat, kamu harus memisahkan penyimpanan pada biji kopi robusta dan arabica. Karena kutu atau hama tersebut sangat menyukai biji kopi robusta. Jika, serangan hama dapat di hindarkan dari biji kopi arabica, maka biji kopi arabica akan aman dan terhindari dari penularan kutu atau hama pada biji kopi.

Nah, itulah tadi cara menyimpan biji kopi agar terhindar dari kutu atau hama sehingga biji kopi akan tetap terjaga mutu atau kualitasnya dengan  baik. Untuk menghindari hama biji kopi di dalam gudang penyimpanan anda bisa menggunakan FUMILIKUID yang dapat mengendalikan hama hingga hama resisten sekalipun dan fumilikuid ini juga aman bagi lingkungan. Fumilikuid ini juga sudah teruji dan di lengkapi dengan hasil laporan uji efikasi dari lembaga independen biotrop bogor dan badan karantina pertanian. Fumilikuid juga sudah resmi tercatat di kementerian pertanian jadi sudah pasti memiliki sertifikat fumigasi.

Semoga dari tips penyimpanan biji kopi dapat membantu anda untuk menghindari dari serangan hama dan anda juga dapat membasmi hama dengan menggunakan fumigasi dengan bahan kimia berbentuk gas yang aman digunakan. Semoga dapat membantu anda dalam menyimpan biji kopi dengan benar.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *