• Jam Buka Toko: 08.00 - 20.00 Wita
  • Status Order
  • Tlp: 082292280717
  • SMS/WA: 082292280717
  • cs@gudangunikmasamba.com
Terpopuler:

Inilah Obat Pembasmi Ulat Pada Tembakau yang Paling Ampuh

16 Maret 2022 - Kategori Blog

GUDANGUNIKMASAMBA.COM – Tembakau adalah olahan hasil bumi asalnya dari daun tembakau  dan dapat digunakan pada tingkatan yang terbatas. Banyak sekali kegunaan yang terdapat pada tembakau salah satunya yaitu sebagai bahan rokok.

Tembakau termasuk jenis produk pertanian semusim, bukan termasuk dalam komoditas pangan akan tetapi komoditas perkebunan.

Tembakau ini sangatlah sensitif dalam membudidayakan serta pengolahannya, oleh karena itu tembakau ini sangat perlu di perhatikan dalam pengolahan serta budidaya tembakau.

Anda mesti mengetahui cara dalam menyimpan tembakau setelah di panen dengan baik karena dari penyimpannyalah menentukan hasil dari tembakau agar kualitasnya terjaga. Lantas cara apa yang perlu dilakukan dalam menyimpan tembakau?

Cara menyimpan tembakau setelah panen dengan baik

Dalam memanen tembakau ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan hingga mencapai ke tahapan pengemasan. Caranya bisa kamu lakukan yaitu, pertama petiklah daun tembakau pastikan daun tembakau tersebut sudah layak untuk di panen, setelah itu lakukan sortasi untuk memisahkan yang mana daun masak, terlalu masak dan kurang masak atau daun yang sudah rusak. Tujuannya agar memperoleh tingkatan mutu atau kualitas pada tembakau yang seragam.

Kemudian, lanjutkan dengan proses pemeraman. Daun tembakau yang memiliki mutu tinggi atau posisi yang teratas dapat diperam caranya yaitu dengan mengulungnya terlebih dahulu, sedangkan dengan daun tembakau yang mutunya rendah dapat dilakukan proses pemeraman secara langsung tanpa digulung lagi.

Setelah dilakukan pemeraman, maka langkah selanjutnya yaitu dengan proses perajangan, penjemuran serta pengemasan.

Dari cara yang diatas sangatlah penting dalam proses panen sebab cara itu dilakukan di ruangan penyimpanan. perlu anda ingat bahwa tujuan dari pemeraman ini untuk mengubah dari daun tembakau yang awalnya berwarna hijau dan di ubah menjadi warna kuning dan kemudian berubah warna menjadi coklat yang berarti senyawa klorofilnya telah menjadi rendah.

Perlu diketahui dalam tahapan ini jika tidak dilakukan dengan penyimpanan yang benar maka bisa jadi tembakau tersebut akan rusak dan kualitas dari tembakau akan menjadi rendah hingga tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu dalam proses pemeraman akan memakan waktu 2 hingga 5 hari untuk daun yang tidak digulung sedangkan daun dengan mutu yang tinggi serta melewati proses penggulungan akan memakan waktu 5 sampai 12 hari.

Untuk menyimpan tembakau dalam proses pemeraman agar terhindar dari hama atau ulat tembakau untuk menjaga kualitas tembakau yaitu.

  1. Didalam ruangan harus tertutup rapat dan bebas dari cahaya matahari maupun cahaya lampu dimana akan meningkatkan suhu pada ruangan tersebut. Pastikan juga bahwa angin tersebut tidak dapat masuk keruangan agar tembakau aman.
  2. Pastikan juga lantai di penyimpanan tetap kering dan tidak basah dan berikan pula alas tikar pada lantai tersebut berupa papan atau palet kayu.
  3. Tutup rapat daun tembakau yang sudah ditata di rak pemeraman dengan menggunakan tikar atau daun pisang. Ingat jangan terlalu sering untuk membukanya dan periksalah sesuai keperluan.
  4. Jangan menyimpan daun tembakau secara bertumpuk sebab itu akan menghimpit dan akan menyebabkan suhu pada tembakau naik dan tidak merata.

Jadi itulah yang perlu kamu perhatikan dalam menyimpan daun tembakau dalam proses pemeraman. Tapi untuk itu kami akan memberikan obat terbaik untuk membasmi ulat atau hama pada tembakau tentunya sangat ampuh dan aman.

Obat ulat tembakau

Jika daun tembakau tidak dirawat dan disimpan dengan baik dan benar maka akan menimbulkan resiko yang sangat besar seperti kerusakan pada tembakau akibat ulah dari hama. Nah, jika kerusakan telah di alami pada tembakau maka mutunya akan menurun serta hama tersebut juga akan menurunkan produktivitas tembakau.

Jadi untuk memastikan bahwa ulat atau hama pada tembakau tidak akan menimbulkan kerugian lagi maka solusi yang tepat dan sangat perlu bagi para perkebunan yaitu dengan menggunakan obat ulat tembakau berupa fumigan yang berbentuk cair atau padat. Kamu bisa gunakan obat ulat tembakau FUMIPHOS atau FUMILIKUID yang sangat terjamin ampuh dan aman serta memastikan bahwa ulat tembakau tidak akan merusak hasil panen dari daun tembakau lagi.

Bagaimana anda sudah mendapatkan solusi yang terbaik bagi para komoditas perkebunan untuk melindungi hasil bumi dari serangan hama semoga membantu.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *